Gejala Virus Zika, Cara Penularan dan Pencegahan yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta Pada 2016 waktu lalu info tentang virus Zika yang 'mengamuk' di Amerika Tengah serta Selatan jadi tema hangat karena kehadiran virus itu.

Diambil dari situs Kementerian Kesehatan RI, virus Zika disebarkan lewat gigitan nyamuk Aedes. Nyamuk type Aedes Aegypti untuk wilayah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan Aedes albopictus pada beberapa wilayah lainnya. Walau sekarang ini virus Zika telah jarang terdengar akan tetapi tidak ada kelirunya untuk tahu tanda-tanda virus Zika, langkah penyebaran serta mencegah.

Baca Juga : daun kelor makassar


Masalahnya beberapa ilmuwan memberikan laporan jika dari 70 anak-anak dgn microcephaly Zika dapat memunculkan masalah pendengaran yang dikarenakan oleh rusaknya telinga sisi dlm atau rusaknya saraf yang menghubungkan telinga ke otak. Diluar itu, pada beberapa masalah Zika diadukan berlangsung komplikasi autoimun. Tanda-tanda masalah kesehatan ini mengakibatkan kesakitan tingkat tengah yang berjalan 2-7 hari.

Buat siapa saja yang tinggal atau berkunjung ke ruang yang didapati ada virus Zika mempunyai resiko terinfeksi. Akan tetapi tidak kebanyakan orang yang terinfeksi virus Zika tunjukkan tanda-tanda. Cuma 1 diantara 5 orang yang tunjukkan tanda-tanda.

Oleh karenanya, terpenting buat Kamu untuk tahu tanda-tanda virus Zika, langkah penyebaran serta mencegah, menjadi langkah antisipasi. Kamu juga dapat juga mengedukasi pada kerabat tentang tanda-tanda virus Zika langkah penyebaran serta mencegah itu. Tersebut Liputan6.com kumpulkan dari beberapa sumber tanda-tanda virus Zika, langkah penyebaran serta mencegah, Minggu (tujuhbelas/tiga/2019).

Penyebaran virus Zika, pentingnya disebarkan lewat gigitan nyamuk Aedes, terpenting spesies Aedes aegypti. Tapi ada banyak penyebaran yang lain yang dapat berlangsung penyebaran virus Zika Tersebut langkah penyebaran virus Zika.

1. Gigitan nyamuk

Virus Zika bisa disebarkan lewat gigitan nyamuk, yakni nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ambil serta membawa virus Zika dari manusia yang sudah terinfeksi virus itu. Lalu lewat gigitannya sebarkan virus Zika pada manusia yang belumlah terinfeksi

Nyamuk ini suka bertelur di air bersih yang digenangi, misalnya genangan air hujan di jalanan, di pot bunga, serta bak air di kamar mandi. Nyamuk ini biasanya menggigit manusia pada siang hari, baik di dlm ataupun di luar ruang.

dua. Ibu ke janin dlm kandungan

Ibu yang telah terinfeksi oleh virus Zika bisa menularkan pada bayi waktu bersalin. Infeksi virus zika pada ibu hamil disangka terkait erat dgn penambahan resiko cacat janin mikrosefali atau kepala serta otak yang kecil

Akan tetapi, sekarang ini belumlah ada masalah virus zika yang menyebar dari ibu yang menyusui bayinya, hingga ibu yang terinfeksi virus Zika masih tetap dapat menyusui bayinya.

tiga. Hubungan seks

Hubungan seks dapat jadi fasilitas penyebaran virus ini. Center for Disease Control and Prevention (CDC) sudah mempublikasikan jika virus Zika diketemukan pada cairan badan manusia yakni pada air mani, cairan MisV, air seni, serta darah.

Akan tetapi, diantara semua cairan itu, virus Zika bertahan sangat lama pada air mani. Oleh karenanya, waspada bila Kamu akan lakukan hubungan seks, sebab hubungan seks jadi salah 1 langkah penyebaran virus ini.

Sekitar 4 dari 5 orang yang terinfeksi Zika tidak alami tanda-tanda. Seandainya ada tanda-tanda, umumnya mulai berasa pada 2 sampai tujuh hari sesudah digigit nyamuk. Tanda-tanda ini bisa berjalan 2 hari sampai 1 minggu. Umumnya tanda-tanda virus Zika misalnya tersebut

- Demam serta ngilu kepala

- Ruam merah

- Ngilu sendi serta otot

-Mata merah (konjungtivitis)

- Gatal hampir di semua anggota badan

- Ngilu dibagian punggung

- Muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit

Sampai sekarang, belumlah ada vaksin yang dapat menahan masalah kesehatan virus Zika. Bila Kamu tinggal serta tengah melancong ke wilayah tropis dimana virus Zika banyak berkembang, perihal yang sangat terpenting ialah dgn menahan gigitan nyamuk. Di bawah ini cara-caranya:

- Tinggal dalam tempat yang mempunyai pendingin ruang.

- Pakai cream penangkal nyamuk.

- Pakai bahan penghilang serangga yang telah tercatat pada Environmental Protection Agency (EPA), sebab aman buat ibu hamil serta menyusui.

- Gunakan pakaian lengan panjang serta celana panjang dgn warna muda atau cerah.

- Tidur dgn kelambu.

- Menguras beberapa tempat yang punya potensi jadi genangan air.

- Berikan permethrin pada baju, seprai, sarung serta bantal, serta beberapa barang yang lain.

WHO sendiri menjelaskan waktu seorang terinfeksi tidak membutuhkan penyembuhan spesial. Sangat terpenting dia mesti banyak beristirahat, minum cukuplah cairan, menyembuhkan perasaan sakit serta demam memakai obat-obatan umum.

Bahkan juga penyembuhan masalah kesehatan ini seringkali pulih dgn sendirinya tiada butuh penyembuhan medis. Pada keadaan badan yang baik masalah kesehatan ini bisa sembuh dlm tempo 7-12 hari. Akan tetapi, bila tanda-tanda lebih buruk, semestinya selekasnya mencari pertolongan tenaga medis.

Nah, diatas ialah tanda-tanda virus Zika yang dapat Kamu kenali, selekasnya pergi ke ahli kesehatan bila Kamu alami beberapa hal diatas. Mudah-mudahan berguna!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agen Foredi Enrekang

3 Khasiat Bawang Dayak dari Kalimantan yang Berpotensi Baik Buat Kesehatan

Foredi Gel Enrekang Untuk Atasi Ejakulasi Dini